Perbedaan Avanza dan Xenia Baru

Avanza-Xenia foglamp
Meskipun berlabel produk kembar, namun bukan berarti sama dalam segala hal. Nah, All New Avanza dan Xenia pun tetap memiliki perbedaan. Mau tau apa-apa saja?

Pertama dari tampilan luarnya. Desain secara umum memang sama, namun untuk desain foglamp agak sedikit berbeda untuk Avanza dan Xenia di beberapa tipe. Bahkan, Xenia belum menggunakan foglamp, kecuali tipe tertinggi R, sementara Avanza hanya tipe E yang minus foglamp.

Avanza-Xenia velg
Kemudian, desain dan ukuran peleknya pun kedua mobil ini berbeda. Kalau Xenia punya desain 6 palang ganda, sementara Avanza 8 palang. Kemudian ukurannya pun berbeda, Xenia ditawarkan dengan ukuran 13 dan 14 inci, maka Avanza ukurannya 14 dan 15 inci.

Begitu juga saat masuk ke interiornya. Sama-sama bernuansa dua warna, hanya saja Xenia warna keduanya lebih cerah, sementara Avanza lebih gelap. Kemudian beberapa tempat penyimpanan pun detailnya berbeda.

Avanza-Xenia interior
Lalu sistem entertaimentnya, memang tersedia dengan dua pilihan single dan double DIN, namun jumlah speakernya berbeda. Xenia hanya 4 speaker, Avanza ada yang 6 speaker.

Dan dua fitur yang tidak dimiliki All New Xenia, namun terdapat pada All New Avanza. Yakni fitur switch steering, untuk mengatur audio dari lingkar kemudi. Xenia juga tidak dilengkapi rem ABS, sementara Avanza sudah dilengkapi rem ABS (tipe Veloz).

Terakhir, soal mesin. All NEw Avanza dan Xenia sama-sama ditawarkan dengan dua pilihan mesin yang berbeda. Kalau Avanza punya mesin 1.3 liter dan 1.5 liter, sementara Xenia dibekali mesin 1.0 liter 3 silinder dan 1.3 liter.

Avanza-Xenia mesin
Boleh dibilang mobil Avanza dan Xenia adalah anak kembar yang mirip namun beda nama, area bermain dan harga. Bila Avanza di jual diberbagai negara seperti Malaysia, Brunei, Indonesia, Mesir, Pakistan, Filipina, Thailand dan negara lainnya; Xenia hanya dijual di Indonesia dan Cina.

Soal harga, harga Avanza memang lebih mahal dari xenia namun harga Avanza ini pantas karena mesin yang digunakan untuk ke-2 merek tersebut berbeda. Harga Avanza yang mahal ditunjang dengan mesin yang canggih seperti K3-VE dan 3DZ-VE sedangkan Daihatsu memiliki mesin EJ-VE dan K3-VE.Mesin K3-VE dan 3DZ-VE memiliki transmisi manual dan otomatis sedangkan mesin EJ-VE hanya memiliki transmisi manual.

All New Xenia paling murah ditawarkan seharga Rp 126,6 jutaan, sedangkan All New Avanza paling murah harganya Rp 144 jutaan.

Walaupun harga Avanza terbilang mahal dari pada Daihatsu Xenia, Avanza sangat digemari. Ini bisa terlihat area jualnya. Tentu saja ini karena pengaruh merek dan mesinnya serta keunggulan vitur yang di tawarkan Avanza.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: